Jumat, 14 Februari 2014

LOKASI PENYELENGGARAAN KONVENSI

Lokasi penyelenggaraan konvensi hendaknya mudah dicapai dari dan ke bandar udara, berdekatan dengan hotel-hotel tempat peserta atau delegasi menginap, terletak di pusat kota, dekat dengan kantor atau instansi pemerintahan, tidak jauh dari pusat perbelanjaan (shopping centre), bebas dari kemacetan lalu lintas menuju lokasi penyelenggaraan konvensi.

Namun dalam perkembangan bisnis industri wisata konvensi dewasa ini persyaratan untuk memilih lokasi konvensi menjadi kompleks. Hal tersebut dikarenakan semua tuntutan bisa terpenuhi.  Untuk itu para penyelenggara konvensi harus pandai-pandai dalam merancang penyelengaraan konvensi agar kekurangan yang ada dapat tertutupi dan penyelenggaraan konvensi tetap berjalan dengan baik dan tidak mengecewakan peserta atau delegasi konvensi.





Beberapa hal yang perlu dideteksi dan menjadi titik perhatian bagi para perancang penyelenggaraan konvensi antara lain adalah:
a. Siapa peserta konvensinya?
b. Berapa jumlah pesertanya ?
c. Program khusus apa yang hendak mereka lakukan?
d. Kebutuhan fisik (khusus) yang mereka butuhkan?
e.  Berapa lama acara akan berlangsung?
f.  Kualitas dan jumlah kamar hotel macam apa yang yang dibutuhkan?
g. Kualitas dan jumlah makanan macam apa yang dibutuhkan?
h. Rekreasi dan hiburan jenis apa dan dengan kualitas yang bagaimana?
i.  Prestise dan citra konvensi yang bagaimana yang dikehendaki?
j. Kualitas jasa pelayanan yang bagaimana yang sangat didambakan?


Setelah mendeteksi beberapa hal yang dibutuhkan oleh peserta konvensi maka penyelenggara perlu meninjau lokasi dan memilih yang sesuai dengan kriteria di atas.

Sumber: Pendit, Nyoman S. Wisata Konvensi.1999. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar