Minggu, 29 Desember 2013

JENIS KEGIATAN YANG TERKAIT DENGAN MICE




DEBAT (DEBATE)
Suatu pertemuan tentang sesuatu hal dengan saling memberi alasan untuk mempertahankan pendapat atau pendirian.

FORUM
Suatu pertemuan atau bagian dari pertemuan yang menampilkan diskusi terbuka untuk masalah yang sedang menjadi pembicaraan umum/hangat dan menarik untuk dikaji bagi peserta pertemuan.

INCENTIVE TOUR (TRAVEL PROGRAM)
Suatu kegiatan perjalanan yang diselenggarakan oleh suatu perusahaan untuk karyawan atau mitra usaha sebagai imbalan penghargaan atas prestasi mereka dalam kaitan penyelenggaraan konvensi yang membahas perkembangan kegiatan perusahaan yang bersangkutan.

JUMPA PERS (PRESS CONFERENCE)
Suatu pertemuan khusus yang dihadiri oleh insan media (wartawan surat kabar, majalah, radio, TV) dengan sosok public figure (tokoh, artis, dll) atau wakil organisasi/asosiasi/lembaga dalam memberikan informasi/berita yang berkembang dalam masyarakat atau menyangkut pribadi seseorang.


KONFERENSI (CONFERENCE)
Suatu pertemuan yang diselenggarakan terutama mengenai bentuk-bentuk tata krama, adat atau kebiasaan yang berdasarkan mufakat umum, dua perjanjian antara negara-negara, para penguasa pemerintahan atau perjanjian internasional mengenai topik tawanan perang dan sebagainya.

KONGGRES (CONGRESS)
Pertemuan besar (muktamar) yang sering dilakukan secara rutin dan dihadiri ratusan atau ribuan anggota dari suatu lembaga profesi/partai untuk mencapai suatu mufakat dalam agenda yang telah ditentukan, baik yang bersifat keagamaan, kebudayaan, atau lainnya.

KONVENSI (CONVENTION)
Suatu pertemuan dari sekelompok orang (negarawan, usahawan, dan sebagainya) untuk membahas masalah-masalah yang berkaitan dengan kepentingan bersama.

LOKAKARYA (WORKSHOP)
Sejenis seminar dengan presentasi dari para pakar dan dilengkapi dengan demo atau peragaan seperti yang diuraikan dalam presentasi makalah terkait yang dilajutkan dengan diskusi kelompok

SEMINAR (SEMINAR)
Suatu pertemuan untuk membahas/berdiskusi tentang sesuatu materi pelajaran /ilmiah di bawah bimbingan profesor/guru atau ahli.  Hasul dari pertemuan tersebut dibukukan dan diinformasikan kepada anggota lain.

SIMPOSIUM (SYMPOSIUM)
Suatu pertemuan yang dihadiri oleh para ahli, panelis, moderator sebagai pimpinan sidang, mengangkat topik-topik yang hangat dibicarakan dalam masyarakat.  Kemudian keputusan dirangkum dalam pokok pikiran yang dibahas secara ilmiah.

PERTEMUAN (MEETING)
Suatu pertemuan atau persidangan yang diselenggarakan oleh sekelompok orang yang tergabung dalam asosiasi, perkempulan atau perserikatan dengan tujuan mengembangkan profesionalisme, peningkatan SDM (sumber daya manusia), menggalang kerjasama anggota dan pengurus menyebarluaskan informasi/isu-isu terbaru, publikasi, hubungan kemasyarakatan dan sebagainya.

RAPAT MEJA BUNDAR (ROUND TABLE)
Suatu pertemuan atau rapat untuk membahas permasalahan-permasalahan yang terjadi dalam suatu instansi/perusahaan/negara. Dari keputusan yang telah dihasilkan diajukan kepada penyelenggara usaha.


Sumber: Kesrul. Meeting, Incentive Trip, Conference, Exhibition. 2004. Graha Ilmu. Jakarta


Tidak ada komentar:

Posting Komentar