Kamis, 25 September 2014

WISATA PANTAI DI YOGYAKARTA DAN SEKITARNYA

Pantai Glagah

Pantai Glagah terletak di kabupaten Kulonprogo, lebih kurang 40 km dari kota Yogyakarta.  Pantai ini dapat dicapai dengan kendaraan pribadi atau dengan kendaraan umum. Pemerintah daerah setempat telah membangun kawasan pantai ini dengan berbagai fasilitas seperti taman rekreasi, kolam pemancingan dan bumi perkemahan. Pantai ini cukup landai, sehingga banyak pengunjung yang melakukan aktivitas memancing karena ikannya cukup banyak. Di pinggir pantai ini juga terdapat arena motorcross dan arena bersepeda. 

Pantai Trisik

Pantai ini terletak kurang lebih 37 km dari kota Yogyakarta. Pantai ini merupakan kawasan yang menarik, utamanya bagi para pemancing ikan. Pengunjung dapat mencapai lokasi dengan kendaraan umum maupun pribadi

Pantai Parangtritis

Pantai ini tidak hanya terkenal sebagai kawasan rekreasi air namun juga terkenal sebagai tempat yang memiliki peninggalan sejarah khususnya yang berkaitan dengan legenda Ratu Penguasa Laut Selatan. Komplek Parangtritis ini terletak 27 kilometer dari kota Yogyakarta.  Untuk mencapai kawasan ini pengunjung dapat menggunakan sarana transportasi umum maupun kendaraan pribadi.



Pantai Ngrenehan

Terletak di desa Kanigoro kecamatan Saptosari kuarng lebih 30 kilometer di sebelah selatan kota Wonosari Gunung Kidul.  Suatu pantai berupa teluk yang di kelilingi hamparan perbukitan kapur dan memiliki panorama yang sangat memukau dengan deburan ombak menerpa pasir putih. Para wisatawan dapat menyaksikan aktivitas nelayan dan menikmati ikan siap saji atau membawa ikan segar sebagai oleh-oleh.

Pantai Ngobaran

Pantai ini hanya berjarak 2 kilometer darp pantai Ngrenehan. Pantai yang mempunyai sisi tebing yang sangat tinggi ini mempunyai pemandangan yang cukup eksotik.  Jika air laut sedang surut, pengunjung dapat menyaksikan hamparan rumput laut dan puluhan hewan laut yang tumbuh di sela-sela karang.

Pantai Baron

Pantai Baron terletak di kabupaten Gunung Kidul, yang berjarak kurang lebih 40 kilometer dari kota Yogyakarta.  Prasarana menuju pantai ini dari Wonosari (ibukota kabupaten Gunung Kidul) cukup baik, dengan melintasi jalan berkelok-kelok dan naik turun, sambil menikmati pemandangan yang indah di sekelilingnya.  Jarak antara Wonosari ke pantai Baron kurang lebih 20 kilometer.  Pantai Baron merupakan teluk yang diapit oleh dinding bukit yang hijau.  Teluk ini merupakan muara dari aliran sungai di bawah batu karang yang sangat jernih.  Baron juga merupakan pangkalan nelayan.

Pantai Kukup

Pantai ini hanya berjarak 1 kilometer dari pantai Baron. Pengunjung bisa berjalan kaki dari pantai Baron ke pantai Kukup dengan melewati jalan setapak. Goa-goa karang yang teduh serta ikan hias air laut banyak dijumpai di pantai ini.

Pantai Krakal

Jarak pantai Krakal dengan kota Yogyakarta sekitar 65 kilometer. Namun pantai ini hanya berjarak 6 kilometer dari pantai Kukup.  Pantai Krakal dikenal sangat indah, dengan bentuk pantainya yang landai, berpasir putih yang terhampar lebih dari 5 kilometer.  Pantai ini juga mempunyai ombak yang besar.

Sumber : Diolah dari berbagai sumber



Tidak ada komentar:

Posting Komentar