Jumat, 29 Januari 2016

TATA URUTAN PELAYANAN OLEH RECEPTION DI HOTEL

Tata urutan pelayanan yang diberikan oleh petugas reception, pada umumnya sama di setiap hotel.  Pelayanan dimulai sejak pertama kali tamu datang ke hotel sampai dengan meninggalkan hotel.  Pelayanan ini harus memenuhi kebutuhan dan keinginan yang diharapkan oleh tamu.  Oleh karena itu pelayanan di hotel di kenal dengan motto "Yes I Can" yang artinya bahwa segala permintaan tamu dapat dipenuhi oleh karyawan hotel, khususnya yang bekerja di bagian operasional.
Kronologis pelayanan yang diberikan oleh reception adalah sebagai berikut:
A.  Registrasi.
      Registrasi merupakan suatu hal penting untuk tamu yang akan menginap di hotel.  Dengan registrasi seorang bisa teridentifikasi keberadaan dan statusnya.  Oleh karena itu registrasi merupakan suatu keharusan. 

B.  Check In
      Proses check in merupakan bagian di depan dalam proses urutan layanan tamu.  Idealnya sebelum menginap, tamu harus melakukan check in terlebih dahulu.

C.  Penetapan Harga Kamar
      Tiap kamar adalah satuan harga sewa sebuah kamar untuk satu malam.  Sebagai kesatuan harga, tarif kamar dibedakan menjadi:
  • Tarif kamar "per room tariff"
  • Tarif kamar "per person tariff"
D.  Pembayaran Deposit
      Pembayaran deposit atau uang muka penting untuk dilakukan sebagai garansi  akan pembayaran tamu.


E.  Mengalokasikan Kamar
      Setelah tamu melakukan registrasi dan berbagai ketentuan lain di front desk, maka pihak hotel akan memberikan kunci dan nomor kamar yang akan ditempati tamu.

F.   Pemberian Kunci Kamar, Kartu Tamu, Kupon Makan dan Kupon Minuman Selamat Datang
G.  Pengantaran ke Kamar
H.  Periode in house

Sumber:  Ni Wayan Suwithi dkk, Akomodasi Perhotelan Jilid I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar