Jumat, 09 Mei 2014

KAWAH GUNUNG TANGKUBAN PARAHU JAWA BARAT

Gunung Tangkuban Parahu adalah salah satu gunung yang terletak di propinsi Jawa Barat Indonesia. Terletak sekitar 20 km arah utara kota Bandung. Dengan rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh disekitarnya, gunung ini mempunyai ketinggian 2.083 meter (6.837 kaki).  Jenis gunung ini adalah Stratovulcano dengan pusat erupsi yang berpindah dari timur ke barat.  Jenis batuan yang dikeluarkan melalui letusan kebanyakan  adalah lava dan sulfur, mineral yang dikeluarkan adalah sulfur belerang. Mineral yang dikeluarkan saat gunung tidak aktif adalah uap belerang.  Suhu rata-rata harian adala 17 derajat celcius pada siang hari dan 2 derajat celcius pada malam hari.

Di gunung Tangkuban Perahu terdapat beberapa kawah, yaitu:

Kawah Ratu

Menikmati pemandangan kawah Ratu seperti melihat mangkuk raksasa.  Saat cuaca cerah, lekukan tanah pada dinding kawah dan dasar kawah menawarkan pemandangan yang sangat eksotis. Kawah ini merupakan kawah terbesar dibandingkan delapan kawah yang lain. Pengunjung dapat menyewa kuda yang disediakan di dekat kawah ini. Namun jika pengunjung hanya ingin menikmati pemandangan, pengunjung dapat berdiri di bibir kawah yang dibatasi oleh pagar kayu.




Kawah Domas

Kawah domas terletak tidak jauh dari kawah Ratu. Kawah ini bisa ditempuh dengan berjalan kaki sejauh 1.2 km dari area parkir kawah Domas. Namun ada juga jalan setapak dari kawah Ratu dan jaraknya juga 1.2 km, dengan jalanan yang cenderung menurun dan terjal. Maka jarang pengunjung yang melalui jalan ini. Di kawah ini terdapat sumber mata air panas yang tidak berhenti bergolak.  Pengunjung dapat merebus telur dan langsung menikmatinya sambil merendam kaki di sumber air panas yang ada.  pengunjung tidak perlu repot-repot membawa telur dari rumah karena banyak penjual yang menyediakan telur ayam.

Kawah Upas

Kawah Upas memiliki dasar yang datar dan dangkal. Bibir kawah Ratu dan kawah Upas menyatu. Namun apabila kita mau mengunjungi kawah Upas kita harus berjalan kaki -/+ 500 meter dari gardu pemantauan.  Dari kawah Upas kita juga bisa menyaksikan kawah Ratu dari sudut pandang yang berbeda.  Di pinggir kawah Upas di tumbuhi berbagai macam pepohonan. Pemandangannyapun tak kalah menarik apabila dibandingkan dengan kawah-kawah yang lain.

Disamping tiga kawah di atas masih ada enam kawah lagi yang ada di gunung Tangkuban Perahu ini yaitu kawah Baru, kawah Jurig, kawah Babak, kawah Jurian, kawah Siluman dan kawah Pangguyangan Badak.
Keenam kawah ini tidak sebesar tiga kawah di atas sehingga tidak populer bagi para pengunjung.

Obyek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 - 17.00 WIB.  Dilengkapi dengan tempat parkir, toilet dan tempat penjualan makanan dan souvenir khas.  Pengunjung yang datang dengan menggunakan moda transportasi bus parkir di tempat parkir bus dan berganti transportasi dengan mobil mini bus dengan tarif Rp 7000,00 per orang untuk pulang pergi.  Namun apabila mengendarai sepeda motor atau mobil pribadi dapat langsung parkir di bibir kawah Ratu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar