Sabtu, 15 Juni 2013

BERPRESTASI DI SEKOLAH

MENJADI JUARA KELAS

Waktu masih berada di tingkat sekolah dasar kita sering ditanya guru kita, "apa cita-citamu?", jawaban yang muncul dari pertanyaan itu juga akan beragam.  Ada yang menjawab jadi guru, pilot, dokter, polisi, tentara, pengusaha sukses dan seterusnya. Dari berbagai jawaban ini secara tidak langsung telah anggapan di masyarakat umum bahwa ukuran kesuksesan seseorang dilihat ketika dia berhasil meniti karier menjadi pegawai dan berapa banyaknya materi yang dia kumpulkan.  Memang untuk menjadi orang kaya tidak selalu harus berprestasi ketika sekolah juga tidak harus  menjadi juara kelas, tapi tidak bisa dipungkiri bahwa untuk beberapa profesi tertentu dibutuhkan sebuah keahlian yang memang biasanya hanya orang-orang yang berprestasi di bangku sekolah yang bisa mencapainya.  Memang benar, ada juga juara kelas yang setelah lulus nganggur, tetapi lebih banyak dijumpai juara kelas yang setelah lulus sukses jadi pegawai dan kariernya bagus.

Biasanya anak sekolah yang tidak ingin jadi juara kelas didominasi oleh rasa malas dan kurang motivasi, misalnya tidak mau capek-capek belajar, tidak mau terbebani tugas-tugas di sekolah, penginnya selalu nyantai.  Mungkin mereka belum tahu manfaat jadi juara kelas. Banyak sekali manfaat yang bisa kita raih dengan juara kelas, antara lain:
  1. Orang tua pasti senang dan bangga melihat anaknya juara kelas.  Kita juga akan bahagia bisa membuat orang tua senang dan bangga pada kita.
  2. Guru dan teman-teman pasti akan senang dengan juara kelas.
  3. Orang yang mempunyai ilmu dan berprestasi akan lebih terhormat dan dihargai orang lain.
  4. Juara kelas bisa mendapatkan kesempatan emas, misalnya; beasiswa, masuk sekolah favorit tanpa tes, diterima bekerja tanpa tes, mengikuti berbagai lomba, dan sebagainya.
  5. Juara kelas biasanya adalah remaja yang energik, dinamis, bertanggung jawab dan hidupnya lebih bermakna.
Yakinlah, tidak ada ruginya jadi orang pinter. Pada saat kita dapat peluang atau kesempatan pergunakan sebaik-baiknya, tentunya dalam hal yang baik.  Tumbuhkan motivasi, karena motivasi akan memacu kita berfikir melebihi orang lain, motivasi juga akan mendorong kita bekerja melebihi orang lain.  Hasil motivasi adalah keberhasilan. Kalau bisa jadi yang terbaik, kenapa tidak????!!!!





Sumber: Majalah Jejak, Edisi Juni 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar