Selasa, 29 April 2014

ALASAN ANAK-ANAK TIDAK BOLEH DI LUAR RUMAH SAAT SENJA

Orang tua jaman kita dulu selalu melarang anak-anaknya berada di luar rumah saat senja atau waktu maghrib tiba.  Jika kita tanyakan kepada mereka 'mengapa?"  Jawaban yang muncul biasanya akan bersifat menakut-nakuti. "Kalau maghrib setannya baru keluar"atau "Dibawa kabur peri" atau jawaban lain yang bersifat horor.

Setelah berpuluh-puluh tahun akhirnya alasan-alasan tersebut dapat saya pahami.  Dalam salah satu acara di televisi swasta dijelaskan bahwa:

Ilmiah:

     Saat warna merah muncul di ufuk barat, matahari mengeluarkan energi negatif yang sangat besar, yang disebut resonansi.  Cahaya yang dikeluarkan pada saat itu 80% mengandung sinar ultraviolet.  Sinar ultraviolet dalam jumlah besar akan mempengaruhi metabolisme tubuh manusia sehingga memicu banyak penyakit yang akibatnya akan kita rasakan dalam jangka waktu yang lama.  Secara jangka pendek sinar ultraviolet yang kuat mempengaruhi fisik dan mental sehingga dalam kondisi fisik lemah dapat menimbulkan halusinasi tingkat tinggi yang mempengaruhi kesadaran manusia secara umum.
    Jadi disarankan menghindari radiasi sinar matahari secara langsung pada saat munculnya siluet senja (sinar kemerahan pada saat senja).

Metafisika:
    Saat sinar kemerahan muncul di senja hari, tampak sinar kemerahan yang merupakan manifestasi kekuatan negatif yang digambarkan oleh kekuatan syetan.  Kuatnya unsur kekuatan syetan yang menebar bersama siluet mempengaruhi mental manusia dan berdampak negatif bagi perilaku manusia itu sendiri.  Dalam salah satu hadist diriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda "perbanyaklah dzikir bagi orang yang sedang mengadakan perjalanan saat senja, dan sebaiknya berhenti dan melakukan sholat".

Biasanya orang yang sedang dalam perjalanan dalam waktu senja justru tampak terburu-buru memacu kendaraannya agar segera sampai tempat tujuan.  hal tersebut justru memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

Wallahua'lam


Tidak ada komentar:

Posting Komentar