Jumat, 11 April 2014

SENTRA PENGRAJIN GITAR MANCASAN BAKI SUKOHARJO



 

 Mancasan adalah nama salah satu desa di kecamatan Baki Sukoharjo Jawa Tengah.  Lokasinya berada di sebelah selatan kota Surakarta (Solo).  Saat masuk wilayah ini rasanya tidak percaya jika desa  ini merupakan desa sentra pengrajin gitar.  Desa yang masih dikelilingi oleh hijaunya hamparan persawahan ini bisa dicapai dengan mudah, baik dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.  Akses menuju desa ini telah beraspal.   Sebagian besar penduduk yang tinggal di Mancasan menggantungkan hidupnya menjadi pengrajin gitar.


Sekitar 38 tahun yang lalu pengrajin gitar di desa ini hanya 5 (lima) pengrajin.  Namun saat ini pengrajinnya sudah mencapai ratusan pengrajin.  Mereka sebagian besar pandai membuat gitar karena bekerja pada orang lain terlebih dahulu.  Setelah mahir maka biasanya mereka akan keluar dan menjalankan usaha sendiri.  Gitar buatan Mancasan telah dipasarkan ke berbagai kota di Indonesia.  




Jenis alat musik petik yang dihasilkan di desa ini adalah gitar kecil (okulele), gitar akustik maupun gitar elektrik.  Dijual secara grosir maupun eceran.  Biasanya para pengrajin telah memiliki mitra usaha sendiri-sendiri.  Harga yang ditawarkan antara 100 ribu sampai jutaan rupiah.

Sumber:  Diolah dari berbagai sumber




Tidak ada komentar:

Posting Komentar